Monday, May 30, 2011

Keajaiban Alam Bawah Laut Karimunjawa


Jika selama ini Karimunjawa dikenal sebagai surga bagi para wisatawan, tak salah kiranya. Ya, gugusan kepulauan dengan luas territorial 107.225 hektar ini memang menyimpan jutaan pesona yang menyihir kita lewat rangkaian keajaibannya yang menawan. Terletak 45 mil laut dari Pantai Kartini Jepara, beberapa tahun terakhir Kepulauan Karimunjawa mulai berhias diri menjadi salah satu tujuan wisata bahari.

Dari 27 pulau, hanya lima yang ditinggali penduduk. Yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Genting, Pulau Nyamuk, Pulau Kemujan, dan Pulau Parang. Di pulau-pulau kecil sekitar Pulau Karimunjawa, seperti Pulau Menjangan Besar dan Pulau Menjangan Kecil,  masih didominasi oleh tetumbuhan seperti pohon kelapa, bakau, serta cemara. Belum nampak jajaran rumah penduduk di sana. Hanya ada beberapa cottage atau tempat peristirahatan milik si empunya pulau.

Meski begitu, kondisi liar pulau kecil-lah yang membuat petualangan makin menarik. Hamparan pasir putih yang tercampur dengan pecahan-pecahan kerang, gemerisik dedaunan pohon-pohon liar, serta desau angin yang tak henti bertiup kencang, benar-benar membuat kita terlena di alam bebas Karimunjawa.

Beningnya..

Kini, seiring rencana promosi dan pengembangan pariwisata Karimunjawa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah menyediakan dua sarana anyar sebagai transportasi ke Karimunjawa. Yaitu kapal cepat Kartini 1, dan pesawat Charter jenis CASSA 212 berkapasitas 2 - 8 orang.

Berangkat tiap Sabtu pagi dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang, kapal cepat Kartini 1 yang oleh Pemprov dibeli  seharga Rp 14 miliar itu akan mengantarkan kita ke dermaga Karimunjawa dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam perjalanan.

Begitu turun dari kapal cepat Kartini 1, kita tak perlu susah-susah mencari angkutan untuk membawa kita masuk ke pemukiman. Di dermaga akan ada beberapa becak yang siap mengantarkan kita, baik yang ingin langsung menuju alun-alun ataupun ke tempat penginapan.

Berjalan kaki sejauh dua ratus meter ke barat dari alun-alun Karimunjawa, kita akan mendapat pemandangan menakjubkan.

Di dermaga, berjajar rapi belasan perahu warga sekitar, baik yang baru saja dipakai berlayar, ataupun yang sedang dibersihkan untuk kemudian digunakan sebagai alat transportasi wisatawan yang hendak mengunjungi pulau kecil di sekitar pulau Karimunjawa.

Dari beberapa jenis angkutan air yang ada, perahu kayu yang paling banyak digunakan para wisatawan. Mungkin ini disebabkan harga sewa perahu kayu yang lebih murah dibanding angkutan lainnya. Dengan membayar dua ratus ribu rupiah, kita sudah bisa mengunjungi Pulau Menjangan Besar, yang merupakan pulau terdekat dari Pulau Karimunjawa. Ada juga yang menyewa perahu kayu untuk transportasi pancing, karena memang Karimunjawa adalah surga bagi mereka yang gemar memancing.

Bagi yang ingin mendapat keasyikan lebih, bisa menyewa glass bottom boat, atau perahu kaca.  Sekitar lima belas menit pertama, kita benar-benar diajak bepetualang menerobos kerasnya ombak. Tak perlu memakai baju bagus, karena toh di atas perahu kaca kita akan berbasah-basah ria terkena cipratan air laut dari samping tempat duduk kita.

Mendekati ekosistem terumbu karang, perahu akan bergerak makin pelan, demi menyilakan kita menikmati keindahan bawah laut melalui alas kaca di bawah kaki. Inilah keunggulan perahu kaca dibanding perahu kayu biasa. Meski harga sewanya dua kali lipat dibanding perahu kayu, namun rasanya setimpal jika dibandingkan dengan kepuasan yang kita dapat.

Bayangkan saja betapa indahnya taman koral bawah laut yang memiliki jenis terumbu karang terlengkap di dunia itu. Hamparan terumbu karang dengan kedalaman 0,5 - 15 meter itu benar-benar seindah yang diceritakan orang. Ikan warna-warni berkejaran di sela terumbu karang. Harmonis dan rapi, seperti sengaja ditata demikian. Bagi yang tak bisa diving ataupun snorkeling, tentu cukup puas dengan mengagumi keindahan bawah laut dari balik kaca.

Ekosistem terumbu karang merupakan satu dari empat ekosistem flora yang ada di kepulauan Karimunjawa. Tiga lainnya adalah hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan dataran rendah. Selain kekayaan flora, Karimunjawa juga memiliki kekayaan fauna. Jika di darat terdapat jenis kera ekor panjang dan rusa, untuk fauna akuatik terdapat 242 jenis ikan hias, 133 genera akuatik, serta 2 jenis penyu.

Selain menikmati alam bawah laut dengan perahu kaca, kita juga bisa menikmati keindahan alam pulau-pulau kecil, dengan menempuhnya via perahu kayu. Untuk Pulau Menjangan Besar yang cukup dekat dengan Pulau Karimunjawa, jarak tempuhnya sekitar 15 - 20 menit. Sedangkan untuk mencapai Pulau Cemara yang terletak di barat Pulau Karimunjawa, kita membutuhkan waktu hampir satu jam perjalanan.

Tak lelah rasanya berjalan jauh di hamparan pasir putih Pulau Menjangan Besar, yang juga merupakan tempat penangkaran hiu sirip putih. Kesiur angin, deru ombak, suara ranting yang patah terinjak, bak orkestrasi yang membuai kita di tengah kesunyian pulau kecil yang tak berpenduduk itu.

Jika ingin sekaligus menambah pengetahuan, kita bisa mengajak salah seorang anggota Taman Nasional yang berkantor di Pulau Karimunjawa. Dengan begitu, kita bisa langsung mengenal jenis flora dan fauna, baik yang kita temui di daratan, ataupun yang di tepi pantai. Kita juga bisa sekaligus mengunjungi penangkaran telur penyu, yang ada di bagian dalam pulau.

Setelah merasakan keindahan Karimunjawa, rasanya rentang waktu dua hari tak akan cukup. Tapi apa daya. Kapal cepat Kartini 1 sudah menunggu di dermaga...


   
  

9 comments:

  1. wah artikelnya bagus, yuk ke karimunjawa bersama paket wisata http://www.karimunjawakita.com

    ReplyDelete
  2. coba lihat yang ini juga tak kalah menarik lho dari artikel keren diatas
    http://www.karimunjawaku.com

    ReplyDelete
  3. menarik sekali keindahan alam bawah laut karimun jawa, ayo kunjungi pulau karimun jawa bersama kami karimunjawa tour.

    ReplyDelete
  4. makasih reviewnya mbak Isma Savitri Amir, kapan2 mampir karimunjawa lg ya ^_^

    makasihh

    ReplyDelete
  5. karimunjawa memang kaya akan wisata bahari. nice review mbak isma
    mungkin paket karimun jawa 3 hari 2 malam ini bisa jadi opsi. terima kasih

    ReplyDelete
  6. gaya tulisannya keren. makasih reviewnya kak.

    ReplyDelete
  7. halo isma.. kalo kamu mau ke karimun jawa lagi dilain hari, bisa kunjungi web kami ^^


    www.karimunjawamenjanganresort.com

    ReplyDelete
  8. Karimunjawa memang sangat indah, masih sama seperti dalam foto.
    by Kurnia Karimunjawa Tour Travel

    ReplyDelete