Saya Ingin Keliling Nusantara...

Raja Ampat, Papua

Saya ingin sekali bisa keliling Indonesia. Menjejak satu demi satu tanah di penjuru negeri ini, membaui udara pedalaman, hutan, menerabas lautan, dan menggamit pasir pantai-pantai di semua nusa. Saya ingin punya kesempatan untuk itu.

Saya ingin dirasuki hawa dingin dataran Bukittinggi yang jadi kampung halaman tokoh-tokoh sejarah negara ini, menelaah pantai-pantai di Aceh yang konon mengingatkanmu pada negeri di Timur Tengah sana, berkelindan di antara karang-karang kokoh dan perawan Pulau Belitong, mempelajari pantai demi pantai di selatan Jokjakarta yang terlupakan untuk dirasai pelukan ombak dan pasir putihnya..

Bukittinggi

Masjid Baiturrahman, Aceh
Ngarai Sianok, Bukittinggi
Tanjung Tinggi, Belitong
Tanah Borneo juga ingin saya jejak. Saya pernah mendengar cerita tentang Sungai Kapuas dan dongeng seorang putri kerajaan pada sebuah masa, tentang para penduduknya yang penuh kisah, tentang keelokan pasar apung di sebuah sungai di tepian Banjarmasin, tentang hutan-hutan di antara kota-kota yang mulai tumbuh dan dewasa..

Dan kau pun sudah tahu betapa indahnya Bali, bukan? Di sanalah dewa-dewi kabarnya menyandarkan diri untuk mengucap syukur atas ciptaan-Nya. Di pantai-pantai yang konon bukan main menawan itulah, apa yang kita rindukan tentang nirwana dicobajelaskan. Di sanalah mimpi-mimpi kita, dan imaji yang selama ini dihempaskan penat, ditunjukkan kembali melalui Sanur, Kuta, Uluwatu, Ubud, Kintamani..

Dan saya pun ingin membuktikan kegagahan Raja Ampat, menjajal Gunung Rinjani, menelusuri Bromo yang angkuh dan misterius, menyelinap di koral-koral Bunaken, menemui komodo yang datang dari masa purba di sebuah ranah Nusa Tenggara, dan menikmati menghilangnya matahari dari punggung awan di pantai Lombok yang tersohor itu..

Pantai Sundak, Jogjakarta
Karimunjawa
Lombok
Pasar Terapung di Banjarmasin
Jembatan Sungai Kapuas

Saya ingin sekali bisa keliling Indonesia. Menjejak satu demi satu tanah di penjuru negeri ini. Apa kamu juga punya cita yang sama?

Bromo

Comments

Popular Posts