Nyaman

Di saat sedang capek seperti ini, saya baru merasakan kalau berjalan dengan sepatu saya seharga Rp 15 ribu ini terasa tidak nyaman. Kalau bisa bicara, telapak kaki saya yang pegel mungkin misuh-misuh karena dipaksa memakai alas kaki ala kadarnya. Padahal seharian, sang kaki sudah sangat berjasa mengantarkan saya ke mana-mana.

Bukan sekadar sugesti, tapi memang beda rasanya jika berjalan dengan sepatu yang harganya nggak murah. Nggak murah ini subjektif, karena bagi saya yang bergaji wartawan, harga sepatu di atas Rp 200 ribu sudah sangat mahal. Nah entah saya yang sok iye atau gimana, yang jelas saat memakai sepatu yang harganya nggak murah saya merasa tidak mudah capek berjalan. Dan pastinya, saya juga merasa lebih nyaman.

Mungkin itu sebabnya, banyak orang yang rela mengeluarkan duit lebih demi alasan kenyamanan. Pepatah jawanya, ono rego ono rupo. Sering saya temui sejumlah teman yang mau mengeluarkan duit ekstra demi sebuah handphone yang nyaman untuk kebutuhannya. Ada pula yang rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan beha yang harganya sama kayak handphone saya demi mendapatkan kenyamanan.

Intinya, pengorbanan materi bukan masalah asal kenyamanan yang diharapkan, bisa didapat. Karena -mengutip kata seorang teman- untuk apa kita bekerja begitu keras jika kita tidak bisa membahagiakan (paling tidak) diri kita sendiri?

Saya nggak memungkiri, tanpa sadar saya sering seperti itu. Meski, sekali lagi, nilai cost yang saya korbankan untuk sebuah kenyamanan itu mungkin nggak ada apa-apanya dibanding yang dikorbankan orang lain.

Nggak cuma soal "lahir". Untuk hal-hal yang batin pun saya mencarinya berdasar kenyamanan. Termasuk soal kriteria calon suami, hehehe.. Untuk yang satu itu, saya tidak ingin terburu-buru ataupun malas mencari yang paling nyaman. Karena hal itu tentunya lebih patut diperjuangkan tanpa argumentasi, tanpa perasaan keberatan akan materi, dan tanpa rasa ragu yang mengganggu.

Semoga karena konspirasi semesta, suatu ketika kenyamanan itu bahkan bisa saya dapatkan tanpa mengorbankan apapun :)

Comments

Popular Posts