Saturday, December 17, 2011

Mission Impossible 4 "The Ghost Protocol": Berkelindan dengan Tom Cruise dari Budapest Hingga Mumbai


Kremlin diserang bom. Agen Impossible Mission Force (IMF), Ethan Hunt (Tom Cruise) dan Amerika, dituding sebagai dalang di balik aksi terorisme tersebut. Demi memulihkan nama baik diri dan negaranya, Ethan mendapat misi mahaberat, yakni mencegah jenius Rusia bernama Hendricks memprakarsai perang nuklir global atas nama Amerika.

Namun karena bom Kremlin telanjur meledak, Amerika terpaksa mengingkari setiap operasi IMF. Aksi Ethan dan gengnya diklaim bukan instruksi resmi Negara Paman Sam alias ilegal, atau disebut juga "ghost protocol". Akses Ethan ke IMF kemudian ditutup. Ethan pun mau tak mau menjalani misi mustahil dengan peralatan seadanya, karena ia tak sedang bergerak di bawah bendera IMF.

Untuk menjalankan misi kali ini, Ethan dibantu tiga anggota geng IMF. Yakni Benji (Simon Pegg) --si konyol yang jago bikin penonton terpingkal-pingkal, Jane Carter (Paula Patton), dan "analis" IMF, Brandt (Jeremy Renner). Jatidiri Brandt yang mengetahui masa lalu Ethan dan istrinya, akan terungkap di seperempat terakhir film berdurasi 132 menit.

Ethan dan Benji
Karya sutradara Brad Bird (The Incredibles, Ratatouille) ini benar-benar megah dan sukses bikin saya melek dari awal sampai akhir film. Padahal saya nontonnya yang jam 23.45, lho. Hehe.. Film ini mengambil setting di sejumlah tempat eksotis, seperti Moskow, Budapest, Dubai, Mumbai, San Fransisco, dan Seattle. Waduh, kota-kota itu benar-benar keren arsitekturnya. Kapan ya saya bisa ke sana..

Btw, jangan tanya aksi mana yang paling ampuh bikin jantung berdetak kencang, ataupun justru susah bernapas. Karena adegan demi adegan yang dipamerkan Bird benar-benar sukses membuat kita masuk ke petualangan Ethan dkk. Tapi yang paling tak terlupakan adalah saat Ethan memanjat gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa, Dubai. Wow, benar-benar mempermainkan adrenalin! Megap-megap rasanya lihat badan Cruise gelantungan!


Sinematografi yang cantik dan rapi dari film ini tak sia-sia, karena dipadukan dengan tata musik yang gagah --tapi sekaligus seksi, karena memasukkan unsur etnik India. Nggak ada adegan yang sia-sia juga. Dan ummm.. Tom Cruise yang sudah berusia 50-an tahun ini kok rasanya makin seksi ya.. Hahaha.. Meski begitu, favorit saya di film ini tetap bukan dia, tapi Benji Dunn yang lucu abis itu. Sumpah ya, dia oke banget sebagai komedian. Bisa-bisanya ngelucu di tengah situasi tegang sekali pun, hehe..

Anyway, saya bukan penggemar film action. I'm a drama comedy lover. Tapi MI4 menurut saya sangaaaaat keren! Very recommended! Nilainya 4,5 dari 5, ah.. Hehehe..

4 comments:

  1. pitriii, aku maen2 ke blogmu nihh... rajin banget kamu ngisi blognya, aku jadi malyuuu...

    btw isi review Ghost Protocol kita hampir-hampir mirip lo. sama-sama suka Benji, sama-sama suka bagian di burj khalifa, dan sama-sama ga suka pelem action, heheheheee :D

    ReplyDelete
  2. Aaaaaaah.. Masa si say? Hohoho.. Kamu nulis resensinya di mana? Baca ah..

    ReplyDelete
  3. di blogku jeeeng. Ada tuh linknya di halaman depan blogmu :)

    ReplyDelete
  4. Iyaaaaa... Kemaren akhirnya baca. Huwahahaha.. Aq suka gaya km ngresensi. Enak dibaca. Btw, iya kesan qt ke film itu mirip :p

    ReplyDelete