Sunday, January 29, 2012

Contraband: Beratnya Penyelundupan yang Tertekan Deadline

Saya nonton Contraband bukan karena tertarik ceritanya. Tapi karena film ini kayaknya yang paling mending dibanding film lain yang lagi tayang di Blok M Plaza. Hehehe.. Sebenarnya saya pengin nonton New Year`s Eve, dan Mbak Muno ngincer Iron Lady. Tapi karena dua film itu nggak ada di Blok M Plaza, ya sudah kami nonton seadanya aja. Toh Mas Dika mau nonton apa aja.

Film ini awalnya bikin saya bingung dan bengong. Sumpah deh nggak ngerti banget ini film tentang apa. Apalagi 15 menit pertama film sungguh bikin mata ngantuk dan mulut menguap. Boseniiiiin banget. Tapi gejala buruk itu cuma bertahan sebentar. Begitu ada adegan Andy diteror geng penjual narkotika, baru deh saya benerin posisi duduk dan mulai menyimak.

Singkat cerita, Andy (Caleb Landry Jones) yang usianya masih 20-an, dikejar-kejar bos penyelundup narkoba, Tim Briggs (Giovanni Ribisi) yang punya tampang ngeseliiiiiiin abis. Tim Briggs ngamuk lantaran Andy membuang paket selundupan kokain senilai US$ 700 ribu. Andy sendiri terpaksa membuang paket itu ke laut karena aksinya tercium pegawai kepabeanan.

Mau nggak mau, Andy pun diminta mengganti duit itu. Kalau nggak bisa balikin duit US$ 700 ribu dalam waktu dua minggu, maka ia dan keluarganya akan dibunuh. Kondisi itu diketahui sang kakak, Kate (Kate Beckinsale) dan suaminya, Chris Farraday (Mark Wahlberg). Chris pun bingung. Memang sih, dulu dia penyelundup kelas wahid. Tapi kan sekarang dia tobat.

Sempat bimbang nggak karuan, Chris akhirnya memutuskan untuk membantu Andy. Dia nggak mau nyawa istri serta kedua anaknya terancam, dan tak ingin hidup nyamannya terusik. Dibantu sohib dan geng penyelundupnya yang dulu, Chris pun akhirnya balik (sebentar) ke profesi lamanya. Kali ini, Panama jadi tujuannya. Targetnya? Duit palsu yang diproduksi eks koleganya dulu.



Film ini bisa dengan sukses menaikkan tensi secara bertahap. Awalnya sih saya mikir Contraband bakal kayak film action biasa yang begitu-begitu aja. Tapi ternyata film ini lumayan oke. Saya kebawa tegangnya Chris and the gank berpacu dengan waktu menyuplai duit palsu dan menyelundupkannya ke dalam kapal kontainer. Seruuuuu...! Yang agak mengganggu itu adalah badannya Chirs yang kegedean, hahahaha.. *nggak nyambung*

Yang menarik dari film ini adalah bagaimana misi Chris harus bisa terlaksana, sementara Kate dan kedua anaknya di rumah terancam gengnya Tim Briggs. Belum lagi Sebastian (Ben Foster), kawan kepercayaan Chris, ternyata punya rahasia yang nggak disangka-sangka.

Selama tiga puluh menit terakhir, film makin menegangkan. Tensi yang sangat bertolak belakang dengan yang kita dapat di awal. Seperempat terakhir film kita benar-benar dibuat deg-degan dalam mendukung aksi “jahat” Chris, hingga akhirnya tersenyum kesenangan karena mission accomplished. Oh ya, meski film action, Contraband memilih cara yang lucu untuk pamitan ke penonton. Lumayan kok filmnya ;)

No comments:

Post a Comment