Review Sunscreen: Wardah DD Cream VS Pixy BB Cream

Disclaimer: Ini bukan review ala fashion or beauty blogger yah. Cuma ala Isma Savitri Amir yang setahun belakangan lagi gandrung make up (baca: dewasa terlambat).

Semua ini bermula karena kulit saya sempat GOSONG. Oke kulit saya memang gelap. Kalau pakai range warna sawo matang sih saya ini kematengan alias gosong. Adalah jalan-jalan tanpa sunscreen saat di Palembang dan Bengkulu awal bulan ini yang membuat kulit saya sampai melepuh saking kepanasannya. Huhuhu

Akhirnya, saya coba ngademin kulit pakai masker bengkoang Mustika Ratu dan luluran dua hari sekali. Tapi gosongnya lama bener berkurangnya. Yang bikin saya panik adalah.....dua bulan lagi saya kewong. Yap, dua bulan lagi sementara kulit saya malah jadi kayak salak.

Saya pun teringat pernah beli paket perawatan di ZAP buy 5 get 1 free sekitar dua bulan lalu hakhakhak.. Lupa banget pernah beli itu. Akhirnya saya pakai deh paket itu di ZAP ITC Permata Hijau untuk perawatan peeling wajah dan beli krim dokter. Nah, di tengah perawatan, dr. Monica pun berpesan: JANGAN PERNAH LUPA PAKAI SUNSCREEN.

Pffftttt. Saya akhirnya mulai rajin memakai Wardah DD Cream yang kebetulan saya dapat gratis dari Wardah *muah muah*

Entah sepertinya produsen sunscreen lagi berkonspirasi, saya Kamis lalu liputan soal bahaya UVA dan UVB. Di  acara itu dokter Nila bilang bahwa kandungan minimal sunscreen alias tabir surya– baik untuk lotion tubuh maupun muka- adalah SPF 30 dan PA+++. Sementara SPF melindungi kita dari bahaya UVB, PA memproteksi kulit dari serangan UVA yang bikin gosong dan keriput.

Nah ternyata, DD Cream yang saya pakai itu hanya mengandung SPF 30 tapi tidak punya PA hiks hiks. Saya akhirnya mencari informasi di internet soal tabir surya yang oke dan harganya terjangkau   dan mendapat dua alternatif ini: Skin Aqua dan Pixy BB Cream. Maka ngesotlah saya dan kak Nindy ke Hypermart Thamrin City untuk mencari Pixy itu. And i got it! Yeeeey!

So here they are.


1.Wardah DD Cream C-Defense
Sorry to say tapi selama ini saya agak kurang percaya sama kandungan Wardah. Kecuali lini lipstiknya yah yang lumayan oke. Tapi karena di rumah adanya ini ya, ya udahlah ya. Toh kemasan tube-nya yang warna kuning mustard ini lumayan kece, nggak kelihatan murah, lah.

Nah, karena saya sebelum ini nggak peduli sama make up, saya pun nggak tau apa itu DD Cream, dan bedanya dengan CC maupun BB cream. Opo lah kui bedone i dont gv a fuck dulunya. Nah ternyata, DD cream punya banyak manfaat sekaligus: menyamarkan noda, mencerahkan, antioksidan, sekaligus tabir surya.

Nah, sayangnya, tone DD cream Wardah yang saya punya adalah “01 Light” yang sepertinya paling cerah. Saya sempat ragu mau mengaplikasikannya di wajah karena takut jadi terlihat pakai topeng dan putih banget. Tapi ternyata, NO. Wardah DD Cream ini, walau warnanya dua tingkat di atas skin tone saya, tetap bisa “dirapikan” di wajah. Bahkan efeknya kulit jadi terlihat lebih mulus dan keceh (ini kata gue sendiri ye. No complaint.)

Sisi bagusnya, Wardah DD Cream nggak bikin kulit jerawatan, bruntusan, maupun muncul bintik-bintik (istilahnya apa sih? Breakout yah?). Tabir surya ini pun awet di muka, dan nggak bikin make up yang saya aplikasikan di atasnya jadi kacau. Ah keren banget laaah *cium Wardah DD Cream*

Tapi kekurangannya satu, dan ini saya harap diperbaiki dermatologis Wardah. DD Cream Wardah tidak mengandung PA, padahal ini ternyata malah lebih penting dibanding SPF buat kita yang tinggal di daerah tropis dan dilewati khatulistiwa. Nggak adanya PA inilah yang akhirnya membikin saya akhirnya “selingkuh” ke Pixy BBCream.


2. Pixy BB Cream Bright Fix
Merek ini sudah diimpor ke Filipina lho oleh PT Mandom (mungkin dia sodaranya random. Krik). Dan sepertinya memang rada lumayan kualitasnya, karena banyak juga yang merekomendasikan Pixy BB Cream di blog-blognya. Ya iyalah, dengan harga Rp 25.500 saja kita sudah bisa dapat tabir surya ber-SPF 30 dan PA +++. Komplet lah ya.

Tampilan Pixy BB Cream sendiri seperti ada di foto, sangat girly. Pink dan shabby chic, ahahaha.. Gue banget. Apalagi ada aksen lace gitu di kardus dan tube-nya. Lucuk lah. Walau, jujur aja itu malah bikin kemasannya jadi nggak elehhan *nada Nindy pas ngomong elegan*

Ada tiga tone warna Pixy BB Cream kalau nggak salah. Ochre (paling cerah), cream (medium), dan beige (coklat tua). Saya pilih yang beige dong ya. Pixy ini teksturnya lebih cair dibanding Wardah. Ini membuat Pixy BB Cream jadi lebih mudah dibaurkan di wajah, apalagi warnanya juga saya pilih yang hampir mirip muka saya.

Yang asyik, tekstur Pixy BB Cream juga matte setelah diaplikasikan di wajah. Ini membuat kulit muka kita nggak terlihat kinclong-kinclong kayak kilang minyak. Nah sayangnya, saya merasa Pixy BB Cream ini lebih mudah luntur dibanding Wardah DD Cream. Ya gitu deh jadi harus rela touch up lagi di tengah hari kalau mau tetap terproteksi sunscreen.

Btw, entah karena treatment ZAP, Wardah DD Cream atau Pixy BB Cream, tapi gosong saya kini perlahan mulai berkurang. Fiuh fiuh. Saya nggak terobsesi putih sih yah, tapi yang penting kulit saya sehat aja walau gelap. Sukur-sukur bisa bagus kayak Jessica Alba atau Beyonce gitu *ngelunjak*

mayan lah ya muka saya nggak lagi segelap kerudung saya. Hakhakhak

Comments

  1. misi mau tanya,,,berarti kalau misalnya udah pakai dd cream wardah,,berarti gak perlu pakai wardah yang lightening step 1 atau step 2 iya kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. tetap pakai nggak papa kok.. Kemarin aku nanya ke dokternya Wardah, katanya pelembab boleh tetap dipakai sesuai kebutuhan. Makainya terserah kita mau yg mana duluan, tapi lebih enak sih kalau pelembabnya dulu :))

      Delete
  2. mba isma, mbaknya sofie..
    hihi searching2 eh nemu blogmu. masih inget aku ga?
    tulisannya sllu bagus, thx for sharing :))

    ReplyDelete
  3. Iya say ingaaat hihi.. Si Sofie cerita kook ;*

    ReplyDelete
  4. Blog kaka keren parah ngebantu banget

    ReplyDelete
  5. Itu yg wardah dd cream kayak ada butiran2 bedak gtu apa natural kayak krim biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak foundation, say. Mesti dirapiin pake sponge atau jari (tapi kata make up artistnya Wardah sih better pakai jari yak..). Cuma, enggak susah kok ngerapiinnya :)

      Delete
  6. Pengen nyobain dd cream wardah setelah baca blog mba hehe
    Soalnya skarang aku pake pixi cepet luntur kalo kena air, apalagi wudhu n aku ga suka retouch up lg huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Aya, kalau enggak mau retouch up mending pakai Wardah, sih.. hehe..Lebih awet soalnya :)

      Delete
  7. Aku kapok pake brand wardah, kemarinan aku pke bb cream wardah tp muka ku kyak timbul komedo2 ujung2nya jdi jerawat. Jelek bnget. Jdi aku mw coba bb cream pixy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. saya pun.. hahahha.. pake Wardah sempet breakout mukanya..

      Delete
  8. aku mau nyoba nih pakai dd cream, sebelumnx sih pakai bb cream wardah. tapi aku masih bingung, klu pakai dd cream ini, sebelumnya pakai pelembab dulu kah? kan aku ada pelembab wardah lightening day. jadi aku biasanya pakai pelembab dulu, baru pakai bb cream. skrng karena mau beralih ke dd cream. jadi bingung cara aplikasinya? apakah pakai pelembab dulu seperti lightening day cream????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah betul gitu Mba.. Pelembab dulu baru pake DD Cream. Itu kata dokternya Wardah yaaaa... Tapi sekali lg, itu sesuai kebutuhan. Kalau saya sih udah nggak pake pelembab lagi kalau udah pakai DD Creamnya Wardah. Soalnya udah ngerasa moist hehe

      Delete
  9. Assalamualaikum Mbaa aku pengen nanya klu pake dd cream. Sebelumnya itu harus pake suncreen dulu apa gak sih. Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Sebelum pake DD cream bisa pake sunscreen wardah dulu ga teh??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts