Wednesday, May 18, 2016

Episode Hamil: Kosmetik Aman Selama Hamil. Harus, ya?

Kemarin ada seorang kawan tanya, apa saja make up yang saya pakai selama hamil? Apakah saya lantas mengganti semua perabot perawatan kulit tubuh dan wajah demi menghindari efek membahayakan kosmetik pada janin di kandungan, ataukah hanya sebagian? Apakah saya harus memakai semua produk 'natural' (ouch saya enggak yakin kosmetik natural itu betul-betul natural haha)?

Kosmetik memang mesti diperhatikan saat kita hamil. Ini karena sejumlah zat dalam kosmetik yang kita konsumsi ada yang bisa diserap darah dan bisa membahayakan plasenta si dedek bayi. Misalnya paraben, yang biasa ada di produk body lotion, krim muka, sabun, dll. Juga zat pemutih seperti Gluthatione, hydroquinon, dkk.

Sebenarnya sih memilih kosmetik yang aman enggak harus menunggu hamil, tapi yaaaaah simpelnya sekarang kita mesti menjaga nyawa si bocil yang ada di kandungan, kan. Saya sendiri enggak langsung mengganti semua peralatan make up begitu hamil. Satu demi satu, bergantung pada prioritas. Karena tentunya ganti make up butuh biaya kan, ciiin. Hahahaa..

1. Sunscreen
Saya masih bandel. Kadang pas panaaaaaas banget, saya masih suka pakai BB Creamnya Wardah atau Pixy karena selama ini terbukti bisa mencegah kulit wajah dari gosong. Tapi pas Jakarta enggak segitu panasnya, saya akan pakai Loreal spray yang disemprot ke wajah. Saya pilih itu karena lebih ringan dan jadi mengurangi perasaan berdosa memakai sunscreen yang biasanya mengandung paraben.

2. Bedak
Oh saya enggak bisa move on dari compact powdernya Maybelline. Jadi bedak taburnya The Saem saya pake kadang-kadang doang aja hahaha.. Kalau mau lebih aman sih mending pakai bedak tabur Marcks yaaa.. Atau enggak usah pakai bedak dulu, deh. Nyahahaaha

3. Krim pagi dan malam
Kemarin-kemarin sih masih pakai krim dari ZAP yah. Secara muka jadi kerasa lebih "normal" gitu dibanding pakai krim malam Ponds dan sebagainya. Tapi ternyata, krim ZAP enggak boleh dipakai saat hamil. So, saya ganti pakai aloe vera essence dari The Saem yang sekadar mengurangi rasa berdosa pada wajah kalau enggak ngasih vitamin apa-apa.

4. Lipstik
Saya, ehm, sekarang mesti tahan diri dan jarang lipstikan semenjak hamil. Sebagai gantinya, saya pakai lip balm hare yang selain ringan, juga murce. Tau kan, yang warnanya ijo, tapi di bibir jadi ada efek pink alaminya gitu?


5. Maskara, eyebrow, eyeliner
Saya enggak pakai dulu sementara ini. Well, dengan berat hati sih, tapi demi dedek, apa sih yang enggak..

6. Body lotion
Biasanya sih saya pakai body lotion murah under 50K buat kulit. Tapi karena kebanyakan body lotion murce di pasar mengandung Paraben, sekarang saya pake selang seling antara Jeju Island Aloe Vera 99 % dengan body butter mango TBS walau pada akhirnya lebih sering enggak pakai karena malas. Tapiiii sebenarnya body lotion maupun body butter berguna banget lho buat kulit tubuh bumil yang berubah jadi ekstrakering bahkan bersisik. Saya aja pernah sampai ngelupas, kulitnya. Hiiii...

7. Facial foam
Dulu saya pakai Ponds yang jenis apa aja. Cocok soalnya, dan udah biasa pakai aja sejak SMA. Tapi setelah hamil, saya jadi ganti TBS yang Vitamin E. Sempat enggak suka produk itu karena baunya kedelai abis dan enggak bikin kulit keset, sampai akhirnya ganti Clean n Clear yang bening itu. Tapi belakangan, saya balik lagi ke TBS karena pilih aman hahaha..


Nah, setelah pakai produk-produk di atas, alhamdulillah kulit saya baik-baik aja. Walau sempat breakout pas balik Semarang, tapi setelah 3 hari, kembali normal. Intinya sih, main aman aja saat hamil. Pilih kosmetik yang enggak aneh-aneh dulu, rajin baca komposisi di kemasan belakang, dan jangan segan ganti kosmetik kalau ternyata kandungannya enggak baik buat kandungan.

Salam kinclonk!


4 comments:

  1. Selamat ya, Vit. Udah hamil..vit, emailmu apa? GPL ya, vit. Tks

    ReplyDelete
  2. sis, katanya sabun yg bagus emang ga bikin keset di kulit. justru yg keset karena ninggalin kimia apa gitu. haha maap yah ai baca artikelnya uda lama, ga inget detail.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say.. Ternyata kayak gitu ya ahahaha.. Nindy jg bilang yang keset tu malah gak bagus apalagi buat umur segini *cry

      Delete