Akhirnya Sah Jadi Emak Dua Anak


Hamil dan melahirkan anak kedua, saya pikir bakal lebih selow dan cincai ya. Semacam udah tau tipsnya gitu loh *aelah gaya. Padahal sungguh, sikap sok tau beginilah yang pada akhirnya bikin meringis di belakang wkwk. 

Hamil kedua ini saya pooool nyante. Udahlah beneran gak mengurangi aktivitas sama sekali. Baik di kantor, rumah, mol, ranjang, dan gegap gempita dunia onlen shop. Bahkan saya pede baru cuti 23 September, padahal dokter udah minta saya lahiran 27 September ahahaha.. Iye saya emang sinting. 

Efeknya? Saya sering bikin ngilu orang dan "nambah kenalan". Kalo pas di mol nih misalnya, saya bakal diajak ngobrol dan kenalan orang hanya karena dia ngaku ngilu lihat saya yang perutnya segede semangka tapi masih aja heboh belanja. Atau di bioskop pas saya lagi nonton dewean. Atau pas nonton di Teater Jakarta, sampe banyak orang menawarkan diri buat memapah saya yang superbuncit ini. Iya betul, MEMAPAH. 

Dan tiba masa saya ke Semarang buat lahiran 24 September lalu. Dokter Muslich yang tatapannya penuh prihatin menyarankan saya segera melahirkan saja. Tapi sayanya ngeyel. Minta lahiran 1 Oktober aja biar tanggalnya gampang diingat. Maklum, bojo emang pelupa banget soal angka. Jumlah mantannya aja bisa lupa. Hih.

Karena saya maksa, dokternya nyerah juga. Saya akhirnya pesan kamar untuk lahiran tanggal 1 Oktober. Bisa gitu, karena saya disarankan melahirkan secara sesar. Alasannya banyak. Bukan semata karena mata saya minus di atas 3. Namun juga karena kondisi bekas sayatan sesar sebelumnya nggak bagus.

Sambil nunggu hari lahiran, saya masih pecicilan kayak biasa. Foto studio lah, kulineran, nongki, juga swafoto hamil di salah satu kafe Kota Lama Semarang. Naik turun tangga saya jabanin dah. Demi....feed Instagram. Zzzzzz. Nggak deng, demi konten jurnal bayinya Arung. Wkwkwk

Tapi yaaa pada akhirnya si jabang bayi kesel juga saya ajak begajulan gitu. Pada 27 September, atau tepat di tanggal yang disarankan obgyn, dia bikin kehebohan sejak pagi. Berupa rasa mulas yang supeeeeer kencang di rahim yang bikin saya kaku kayak patung Pancoran. Karena pengasuhnya lagi pulang kampung, Bimo akhirnya saya cuekin sementara. Untung aja ada dua tantannya yang syiap sedia penuh kerelaan handle Bimo yang polahnya ampun ampun.

Sumpah yaaaaa pas saya hamil Bimo dulu itu kontraksi palsu aja jarang. Kok tiba-tiba sekarang dapet kejutan kayak giniiii.. Asli saya panik banget.

Segera saya kontak Mbak Ratna dan Tephi.. Kenapa dua orang itu? Selain karena keduanya baru aja nongol di Instagram, mereka belum lama ini juga lahiran. Jadi masih inget lah ya rasanya. Dan sukur-sukur bisa jelasin ini kontraksi atau cuma kelaperan akut.

Sampai siang, mulas saya nggak hilang juga. Rasanya kayak nyeri mens hari pertama tapi dengan kadar sakit lebih tinggi. Cuma kan ini saya nggak bisa minum Feminax. Buat berdiri aja rasanya saya nggak kuat. Apalagi buat ke warung tetangga beli gorengan. Duuuh berasa kapok hamil rasanya pas giniiiii.. Tapi nggak kapok bikinnya yak. Ahahahaha

Segera saya telepon ke RS buat mastiin ada obgyn yang praktik. Siapapun dah. Yang penting mulas-mulas ini segera hilang. Diantar Chuppa, Alya, dan Bimok, saya akhirnya lari ke RS. Sampai RS, dokter kandungan yang ada hanya Bu Yulice, obgyn adek saya yang lagi hamil juga wkwk. Lihat dokternya cuantiiiik kek gitu, mules saya agak berkurang. Cakepnya rek....

Walau yah dese sempet-sempetnya pegang perut saya sambil bilang, "Wah sampai kayak gini ya...". Apanya dok? Tanya saya. "Ini lho perutmu. Tebel lemaknya."

DUORRRRR!!! Inginku berkata kasar. Tapi kok kamu cyantik, dok. 

Kata dokter Yulice, saya kesakitan banget karena tekanan ke bekas jahitan sesarnya makin kuat. Jadi nyeri paraaaah. Kalo saya nggak segera melahirkan, risiko terburuknya adalah rahim bisa sobek karena sudah tipis. Denger penjelasan serem kek gitu, saya langsung oke-in aja pas dia sarankan sesar besok. Udah dah cepetan cepetaaaaan udah ga tahan juga ini sakitnya huhu..

Di RS, saya nggak ditaruh di kamar perawatan. Tapi langsung di ruang bersalin in case tiba-tiba anaknya brojol. Suster saban jam juga terus meriksa detak jantung bayi di perut, dan tekanan darah serta bukaan vagina saya. Mulas yang nggak hilang-hilang ini beneran bikin saya nggak bisa tidur. Sementara si bojo dan mami yang nungguin di kamar mah aya aya wae, tetap bisa ngorok, gitu.. Mantul dah.

Karena udah nggak tahan banget, saya akhirnya maksa suster untuk minta dokter Yulice majukan jadwal operasi, dari yang semula jam 13 jadi jam 8 pagi. Pokoknya harus. Saya nggak mau tau. Siapa aja deh obgyn yang bisa brojolin bayi gw secepatnya, plis dateng!

Untung aja dokter Yulice mau. Paginya saya sempet hepi lagi ketemu sama si dokter cancik. Bawaan bayik laki kali ya, jadi seneng gini. Dan momen itu tibalah. Saya masuk ruang operasi, dan menghitung detik demi detik proses dikeluarinnya anak Tri Suharman dari perut nan besar ini. 

Sementara proses persalinan Bimo hanya memakan waktu 20 menit, adiknya jauh lebih lama. Sampai 2 jam. Ini karena katanya, tingkat kesulitannya lebih tinggi. Di tengah operasi pula dokter Yulice bilang air ketuban saya sudah hijau, dan betapa rahim saya udah sangat tipis sehingga alhamdulillaaah banget operasinya maju.

Dalam proses persalinan ini, saya tak lagi setegang dulu. Rasanya lebih pasrah. Mungkin juga karena sebelumnya saya merasakan rentetan sakit yang teramat sangat. Yang membuat flashback berkelindan di kepala. Masa keguguran sebelum ini. Rasa bahagia saya mendapati dua garis merah di testpack tanda hamil lagi. Kenekatan saya pergi ke berbagai kota selama kehamilan. Mulai dari Ambon, Pekanbaru, Dumai, Semarang, Solo, Yogyakarta, Makassar.. Hari-hari kehamilan yang penuh perjalanan dengan Gojek ke tempat-tempat liputan.. Muka iseng Bimo yang suka ciumin adiknya di perut..

Ah, seru sih. 

Liputan di Riau

Liputan nobar wkwk

Setelah pikiran jalan-jalan sembari merapal ayat kursi, saya merasakan lelah yang teramat sangat. Saya sempat tak bisa mengontrol untuk tetap sadar dan tidak tidur, tapi di sisi lain tak bisa menahan sabar untuk bertemu dengan si bayi. Beda dengan Bimo yang ketika kelar persalinan langsung diberikan ke saya, kali ini tidak. Saya harus menunggu cukup lama karena katanya si bayi harus dihangatkan dulu karena tampak menggigil.

Dan akhirnya bertemu jugalah kami di ruang perawatan. Saya yang sebetulnya sudah di ambang batas kantuk, tak bisa menahan tawa melihat bayi ini. Bukan apa-apa, tapi karena wajahnya persis banget dengan Bimo dan abahnya. Ya Allah, gini amat jadi ibu ya HAHAHA.. Beneran dia numpang besar di rahim saya, tapi entah kenapa semuuuuuanya kayak bapakke. Sabotase cetakan muka ini mah.

Atas Bimo, bawah Arung
kiri Bimo, kanan Arung

Oya, ini semacam de javu, saya kebetulan juga mendapat kamar yang sama persis dengan ketika Bimo lahir dulu. Ditambah wajah si kecil ini mirip banget dengan Bimo, saya jadi sering ketawa-ketawa sendiri. Alhamdulillah ya Allah, sudah percayai saya dan suami jadi orang tua untuk dua anak cowok. Juga Bimo yang akhirnya jadi kakak hahahaha.. Bisa kayak anak kembar kayaknya nih pas mereka gede.

Selamat datang ke bumi, Arung Saskara, anakku. Doa mamimu, semoga kamu menjadi anak yang pemberani, penyayang, jujur, pintar, saleh, tak kompromi pada hal-hal yang membuat sedih alam dan Tuhanmu.


Comments

Popular Posts